Thursday, January 1, 2015

Strategi Dasar Penggunaan Teknologi Informasi Dalam Bisnis



Strategi dasar penggunaan teknologi informasi dalam bisnis :

1. Strategi kepemimpinan dalam biaya
  •  Penggunaan TI untuk mengurangi secara mendasar biaya proses bisnis
  •  Penggunaan TI untuk menurunkan biaya pelanggan atau pemasok

2. Strategi diferensiasi
  • Mengembangkan berbagai fitur TI baru untuk melakukan diferensiasi produk dan jasa
  •  Menggunakan berbagai fitur TI untuk mengurangi keunggulan diferensiasi para pesaing
  •  Menggunakan berbagai fitur TI untuk memfokuskan diri pada ceruk pasar yang dipilih

3. Strategi inovasi
  • Membuat produk dan kasa baru yang memasukkan berbagai komponen TI
  • Mengembangkan pasar baru atau ceruk pasar yang unik dengan bantuan TI
  • Membuat perubahan radikal atas proses bisnis dengan TI yang secara dramatis akan memangkas biaya, meningkatkan kualitas, efisiensi, atau layanan pelanggan, atau mempersingkat waktu ke pasar

4. Strategi pertumbuhan
  •  Menggunakan TI untuk mengelola perluasan bisnis secara regional dan global
  • Menggunakan TI untuk mendiversifikasi serta mengintegrasikan produk dan jasa lainnya

5. Strategi persekutuan
  • Menggunakan TI untuk membuat organisasi virtual yang terdiri dari para mitra bisnis
  • Mengembangkan SI antar perusahan yang dihubungkan oleh internet dan ekstranet yang akan mendukung hubungan bisnis strategis dengan para pelanggan, pemasok, subkontraktor, dan pihak-pihak lainnya

Strategi kompetitif lainnya seperti :
• “Mengunci” pelanggan dan pemasok di dalam (locking-in
customers and suppliers). Dengan cara membangun hubungan
baru yang bernilai dengan pelanggan dan pemasok.
• Membangun biaya perpindahan (Switching cost). Dengan cara
membuat pelanggan atau pemasok tergantung pada
penggunakan atas SI antar perusahaan yang inovatif dan saling
menguntungkan.
• Meningkatkan halangan masuk (Barriers to entry). Dengan cara
meningkatkan jumlah investasi atau kerumitan teknologi yang
dibutuhkan untuk bersaing dalam industri atau dalam suatu
segmen pasar.
• Mendorong investasi dalam TI. Dengan cara mengembangkan
berbagai produk dan jasa baru yang tidak akan mungkin
dihasilkan tanpa kemampuan TI yang kuat


http://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=4&ved=0CC0QFjAD&url=http%3A%2F%2Flista.staff.gunadarma.ac.id%2FDownloads%2Ffiles%2F26041%2FPengantar%2BTI.pdf&ei=si-UVP-lL-3GsQSd6YDQAg&usg=AFQjCNE6i4e94g3btTZEvd9ZwPuIcXFgHw&sig2=-8Z0cCw0kmi1AU6itaC9Bg&bvm=bv.82001339,d.cWc

2 comments: